Bunga Herbras

Bunga herbras adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga asteraceae. Herbras merupakan tanaman semak yang hidup bertahun-tahun ataupun parenial. Daunnya berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar.

Gerbera diambil dari nama Traugot Gerber, seorang dokter jerman yang merupakan teman Carolus Linnaeus. Nama spesies gerbera jamesoni diambil dari nama kolektor tanaman bernama Robert jameson yang menemukan tanaman ini di provinsi Transvaal, afrika selatan.

Herbras terdiri dari sekitar 2.000 kultivar dengan bunga yang mempunyai bentuk yang beraneka ragam dan ukuran diameter antara 5-12 cm. bunga herbras memiliki bonggol ataupun capitulum besar yang merupakan pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota ataupun disebut ray floret berbentuk panjang yang berwarna-warni menarik seperti oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon dan juga ungu, Kontraktor Taman.

Bagian bonggol juga terdiri dari susunan ratusan bunga kecil-kecil ataupun trans floret dan disc floret sehingga terlihat menyerupai satu bunga yang utuh. Pada bagian tengah bonggol kadang-kadang berwarna gelap. Pada bunga yang sama juga sering dijumpai perbedaan warna pada bunga mahkota.

Di alam bebas terdapat lebih dari 40 spesies herbras yang tersebar mulai dari Amerika selatan, Afrika, madagaskar, sampai daerah tropis asia. Artikel ilmiah mengenai tanaman herbras pertama kali ditulis oleh JD. Hooker pada tahun 1889 dalam jurnal Curtis botanical magazine yang menyebut spesies gerbera jamesoni asal afrika selatan sebagai Transvaal daisy ataupun barbeton daisy.

Herbras mulai dibudidayakan pada akhir abad ke 19 di inggris oleh Richard Lynch seorang curator di kebun raya Cambridge, Inggris raya. Persilangan dua spesies yang berasal dari afrika selatan yaitu gerbera jamesoni dan gerbera viridivolia menghasilkan gerbera hybrid. Sebagian besar kultivar herbras yang diperdagangkan sekarang ini merupakan hasil persilangan dari keturunan dua spesies gerberajamesoni dan gerbera viridivolia.

Herbras merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di taman ataupun pot. Bunga herbras merupakan komoditas bunga potong yang paling banyak di perdagangkan di dunia bersamaan dengan mawar, anyelir, seruni dan juga tulip.

Herbras juga sering digunakan sebagai bahan pelajaran biologi tentang pembentukan bunga. Herbras mengandung sejenis turunan senyawa kimia coumarin alami.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bunga herbras, semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *